Sumber Oleh : Elisa Novaliana

Ramadhan merupakan bulan yang Allah muliakan. Waktu terbaik umat muslim untuk menghapus dosa dan menambah pahala sebanyak-banyaknya. Pada bulan Ramdhan segala bentuk kebaikan pasti Allah lipat gandakan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan atas kamu berpuasa, karena dibukakan pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu syaitan-syaitan serta akan dijumpai suata malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tidaklah ia akan mendapatkan itu selama-lamanya.” (H.R Ahmad, An-Nasa’i dan Baihaqi).

Dibulan yang penuh berkah ini, panitia Ramadhan Masjid Darussalam 1442 H menginformasikan bahwa kami menerima dan menyalurkan zakat maal, zakat fitrah, infak, shodaqoh maupun wakaf jemaah sekalian. Transaksi dapat dilakukan di counter utama kami yang berlokasi di lantai satu Masjid Darussalam. Kemudian jika jemaah ada udzur atau tidak dapat datang langsung ke counter utama, kami mempermudah jemaah dengan mengadakan layanan jemput zakat.

Untuk zakat fitrah, panitia menyedikan dan menjadi perantara apabila para jemaah ada yang menitipkan uangnya untuk membeli beras melalui Darussalam dengan harga (sudah termasuk biaya operasional pendistribusian) sebagai berikut:

Tipe A: Rp. 40.000,- / Jiwa

Tipe B: Rp. 50.000,- / Jiwa

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari senda gurau, kata-kata keji dan juga untuk memberi makan orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum sholat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikan zakatnya setelah sholat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah diantara berbagai sedekah biasa (H.R Abu Daud).