Sumber Oleh: Elisa Novaliana

Ada yang unik dari Masjid Darussalam ketika saya datang di waktu ashar, yaitu beberapa security berseragam gagah dengan semangatnya memeras jeruk lemon. Beberapa lainnya terlihat duduk di stand takjil dengan kesibukannya masing-masing. Seketika hal itu membuat saya terkagum dan sedikit tergelitik. Rasa penasaran ini membuat kaki melangkah menghampiri dan mencari tahu lebih dalam.

“Kok Bapak Security mau sih meres-meres jeruk kayak gitu?” Kataku dalam hati.

Ketika sampai tepat di depan stand, saya mulai melempari pertanyaan-pertanyaan ringan. Bapak-bapak tersebut yang melihat saya memakai rompi relawan, mengira kalau saya ingin sukarela membantu jaga stand takjil, kemudian percakapan itu dibumbui dengan candaan dan gelak tawa kami.

Bapak H. Zainur Arifin, wakil ketua divisi keamanan menjelaskan bahwa sebenarnya rencana ini sudah ada sejak tahun 2020 tapi qodarullah baru bisa terlaksana tahun ini dikarenakan pandemi. Ide ini murni dari mereka dan dananya pun memakai dana pribadi divisi keamanan.

“Kami sudah izin dengan pimpinan dan Alhamdulillah didukung untuk merealisasikannya. Rencananya kami ingin melakukannya full selama ramadhan, insya Allah.” Ujar Pak Haji.

Tidak kira-kira teh lemon yang disiapkan oleh bapak-bapak security perharinya sebanyak dua panci besar, kurang lebih sekitar seratus sampai dua ratus gelas perharinya. Ditambah lagi takjil lainnya. Masya Allah, saya teringat sabda Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam:

“Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan Al-Hafidh Abu Thahir)

Mungkin hadist ini yang menjadi dasar mengapa wajah bapak-bapak security itu bahagia, tak ada rasa gengsi atau malu sedikit pun dalam memeras jeruk dan membagi-bagikan takjil.

“Kami tidak merasa terbebani sama sekali Mbak dengan ini, justru malah senang. Apalagi kalau rame kaya semalem, jadi kepuasan hati tersendiri.” Ujar salah satu bapak security.

“Mudah-mudahan ini berkah untuk semua, saya berharap hal ini bisa menggugah dan menginspirasi divisi-divisi lainnya untuk dapat kreatif membuat stand lainnya yang bermanfaat bagi jemaah Darussalam.” Sambung ketua devisi pengusung ide tersebut.

Masya Allah, indahnya Ramadhan. Indahnya menebar jutaan kebaikan.

Follow @zakatdarussalam_kotawisata