Sumber Oleh: Elisa Novaliana

Pemuda yang tumbuh dalam ketaatan merupakan salah satu golongan yang nantinya akan dinaungi oleh Allah kelak ketika tidak ada naungan sama sekali kecuali naungan-Nya. Dijaman seperti saat ini tidak sedikit pemuda yang terjerumus dalam pergaulan yang salah. Padahal pemuda merupakan energi terkuat dalam membawa negeri untuk maju dan menjadi lebih baik lagi.

Mengapa pemuda? Mengapa tidak kaum orang tua atau para senior saja yang menjadi garda terdepan?

Jawabannya adalah “semangat”. Karena semangat keingin tahuanya, semangat belajarnya dan semangat berjuang kaum muda yang tak kenal lelah. Pemuda yang baik ialah yang terus mengabdi untuk kebaikan dirinya dan sekitarnya. Bukan yang dengan sengaja membuang-buang waktu serta tenaga hanya untuk kerusakan diri yang berakhir dengan kemerosotan generasi.




Berbekal kreatifitas dan inovasi yang menjadi kunci utama agar masuk kedalam ranah media terkini, pemuda menjadi pilihan terbaik untuk diikut sertakan dalam membangkitkan kembali zakat bagi umat.

Lembaga Amil Zakat (LAZ) Masjid Darussalam berinisiatif untuk mencari relawan Ramadhan 2021, target utamanya adalah pemuda fresh graduate yang aktif dalam berorganisasi atau kegiatan sosial. Beberapa kategori yang diperlukan adalah fotografer, design grafis, jurnalis, public relation, event, IT help desk, content creator, jaga counter, sebar proposal, telemarketing dan canvassing.

Setelah melakukan wawancara oleh tim LAZ Masjid Darussalam dan berhasil lolos dalam seleksi, pemuda calon relawan dibekali dengan pelatihan selama dua hari mengenai materi-materi yang berkaitan dengan zakat, professional sales skill dan digital fundraising.

Disana mereka dilatih untuk memahami bagaimana cara kerja pelayanan zakat dan pendistribusiannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari penyesuaian dengan sesama anggota relawan, pengertian dari zakat dan bagaimana cara menghitungnya. Kemudian bagaimana kiat-kiat melakukan digital fundraising serta selling yang baik hingga mencapai closing.

Setelah lebih dari satu tahun terdampak virus Corona, Indonesia mengalami penurunan ekonomi yang sangat drastis. Banyak sekali golongan masyarakat yang terkena dampak dan jauh dari kata cukup untuk menghidupi keluarganya dengan penghasilan yang layak. Masjid Darussalam hadir ditengah masyarakat dengan berbagai macam program Kemanusiaan dan Sosial.

Harapan terbesar tahun ini, dengan bersama mengajak pemuda untuk ikut berkontribusi menjadi relawan Lembaga Amil Zakat Darussalam selama Ramadhan, Masjid Darussalam dapat mengumpulkan lebih banyak amanat dari donatur yang nantinya akan kami salurkan kepada masyarakat disekitar Masjid Darussalam.

Semakin banyak berdonasi, semakin banyak keluarga yang terbantu.