Sumber Oleh: Elisa Novaliana

Berbuat kebaikan harus ditanamkan dan digaungkan sejak dini. Mendidik anak supaya memiliki pribadi yang berakhlakul karimah merupakan perjuangan yang harus dilakukan dengan sabar dan berkesinambungan. Anak itu identik dengan meniru, ia melihat apa yang ada di sekitarnya kemudian mencontoh perbuatan tersebut. Terlebih lagi orang tuanya, sosok yang mereka sayang dan idolakan, anak tanpa rasa ragu akan melakukan apa yang orang tua lakukan.

Hal ini terjadi ketika Tim Berbagi Ifthor dan Relawan Darussalam membagikan Ifthor di RT 01 RW 17 Dusun 4 Ciangsana. Terlihat anak kecil yang menarik perhatian saya ketika itu. Ia memakai gamis berwarna coklat rapi disertai peci putih dan ikut membantu menurunkan bingkisan sembako (Sembilan Bahan Pokok-red). Walau dengan terlihat sedikit kesusahan mengangkatnya karena memang ia masih terlalu kecil untuk kegiatan ini, tapi semangat berbagi dan rasa ingin tahunya sangat tinggi.

Padahal kondisi sore di hari Kamis (15/04/2021) itu hujan deras dan jalanan licin, bahkan ada dari salah satu tim yang terpeleset jatuh. Namun ini bukan menjadi halangan bagi laki-laki pemilik lesung pipi manis itu untuk ikut turun ke jalan bersama Abi (Bapak-red) tercintanya.

Adalah Umair, putra dari Bapak Fauzi salah satu pengurus Masjid Darussalam bagian Bendahara. Anak kecil yang baru kelas dua Sekolah Dasar ini berkata bahwa selain suka jalan-jalan naik mobil ia juga sangat senang bisa ikut berbagi kepada banyak orang.

Masya Allah, jika semua anak diajarkan kebiasaan berbagi seperti ini maka yang terjadi suatu hari nanti adalah hadirnya sebuah generasi yang bijaksana, peduli dan rendah hati. Jauh dari itu lingkungan akan lebih tentram, karena banyak sekali orang yang pandai bersyukur.

Ternyata indah sekali menanamkan perilaku gemar berbagi sejak dini kepada anak. Bayangkan jika perilaku berbagi ini menjadi suatu hal yang terus dilakukan anak hingga ia tumbuh dewasa bahkan menurunkan kebiasaan tersebut kepada anaknya lagi?

Sungguh amal jariyah yang tidak henti-hentinya mengalir.