Sumber Oleh: Elisa Novaliana

Ada suatu amalan yang dasyat dan sangat jitu yang belum banyak orang tahu dan amalkan. Padahal manfaatnya sangat banyak dan Insya Allah pasti Allah kabulkan setiap hajat-hajat kita. Amalan dasyat itu adalah sedekah subuh. Subuh adalah waktu yang sangat tepat bagi kita untuk bersedekah. Amalan ini insya Allah banyak manfaatnya, seperti dapat menyembuhkan penyakit, memudahkan urusan, mengabulkan hajat dan masih banyak lainnya.

Lalu mengapa pada waktu subuh? Mengapa tidak diwaktu yang lain? Bukankah sedekah bisa kapan saja?

Ya, sedekah itu bisa kapan saja dan kepada siapa saja. Hal ini bukan berarti kita tidak boleh bersedekah diwaktu yang lain. Semua sedekah diperbolehkan disemua keadaan, namun untuk sedekah subuh ini merupakan sedekah yang spesial, salah satu sedekah yang terbaik. Karena pada waktu itu dua malaikat turun dan mendoakan orang-orang yang sedekah subuh.

Dari Abu Huraira radhiyallahu’anhu sesungguhnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu diantaranya berdoa: “Ya Allah berilah ganti yang lebih baik kepada orang yang berinfaq.” Sedangkan yang satu lagi berdoa: “Ya Allah berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (H.R Bukhori).

Bagi perempuan yang sedang berhalangan, silakan bangun subuh saja walaupun tidak sholat. Jadi sebelum beraktivitas kita sempatkan untuk sedekah subuh terlebih dahulu. Tidak perlu bersusah payah mencari anak-anak yatim disubuh hari, cukup untuk siapkan kotak infaq di rumah, masukkan saja uang dikotak tersebut setiap harinya. Kemudian begitu bersedekah berdoalah, sebutkan hajat-hajat kita.

Oleh karena itu marilah kita bersama-sama galakkan bersedekah di waktu subuh, agar malaikat selalu mendoakan kelapangan rejeki kita. Dan jangan pernah biarkan waktu subuh kita terlewat begitu saja tanpa bersedekah. Sebab hal itu sama saja kita membiarkan adanya kerusakan dalam hidup kita, sebagaimana doa malaikat yang lainnya di setiap pagi.

Semoga kita semua dapat istiqomah melakukan dan menebarkan kebaikan untuk kepentingan umat Islam. Aamiin Allahumma Aamiin.