Sumber Oleh: Elisa Novaliana

Apakah bersedekah harus kaya dan menunggu kondisi ekonomi kita cukup dahulu? Tentu saja jawabannya tidak. Bersedekah itu tidak perlu menunggu kaya terlebih dahulu, bagaimana jika nasib kita ternyata tidak menjadi orang kaya? Apakah itu artinya kita tidak sedekah-sedekah? Nauzubillahi Min Dzalik.

Dalam bersedekah, kita tidak perlu menunggu kaya, karena sejatinya sedekah itu tidak harus dikeluarkan dengan menggunakan uang, namun bisa juga dengan hal lain, contohnya makanan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda “Makanan untuk 2 orang cukup untuk 3 orang. Makanan untuk 3 orang cukup untuk 4 orang.” (H.R. Bukhori dan Muslim).

Masya Allah hadis ini sungguh dapat dengan mudah diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Maksud dari hadis ini ialah, makanan yang kita masak itu dapat menjadi pundi-pundi sedekah bila kita memisahkan dan memberikannya kepada saudara ataupun tetangga kita yang membutuhkan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda “Wahai Abu Dzar, jika kamu memasak gulai, maka perbanyaklah kuahnya dan bagikanlah kepada tetanggamu.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim).

            Dengan membiasakan sedekah sederhana ini, hati kita akan menjadi lebih lembut dan lama-kelamaan terbiasa untuk melaksanakan kebaikan lainnya yaitu bersedekah dengan sebagian harta kekayaan baik dalam keadaan lapang dan sempit. Karena Allah Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an surat Adz-Dzariyat ayat 15-19, “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada didalam taman-taman surga dan mata air. Mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sungguh mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam. Dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah). Dan pada harta benda mereka ada hak orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta.”

            Oleh karena itu marilah kita bersama-sama membiasakan diri untuk bersedekah. Ingat, tidak perlu menunggu kaya atau cukup untuk bersedekah. Karena dengan bersedekah, maka harta yang kita miliki menjadi cukup dan berkah. Tidak perlu dengan nilai yang besar, asalkan rutin dan ikhlas insya Allah sedekah kita akan bernilai ibadah dan menjadi penyelamat di hari kiamat nanti.