http://dripelastotek.com/sharre/kursi-massazha-v-samare.html Zakat Untuk kesehatan

Semakin meningkatnya angka kemiskinan antara pemerintah versus para ahli yang berpengaruh kepada masyarakat dhuafa khususnya, Unit Pengelola Zakat Darussalam akan terus berupaya menyalurkan  Program Zakat Untuk Mustahiq (ZUM) dalam meringankan kesulitan yang mereka alami.

Dana zakat ini didistribusikan untuk kategori: santunan dan pendampingan orang sakit dari (ashnaf : Fakir,miskin & gharimin)dengan Total penerima dari kedua kelompok ini mencapai _+100 orang yang sudah merasakan manfaat dari dana zakat . Semuanya tersebar di beberapa wilayah desa ciangsana,desa nagrak,desa cileungsi, dan wilayah lainnya seperti jakarta,tangerang,bogor dan bekasi.

“Program santunan dibagikan kepada beberapa kelompok, misalnya untuk fakir miskin atau ghorimin. Seringnya buat biaya berobat rawat jalan apabila pasien diharuskan untuk rawat inap dengan penyakit yang sangat parah maka kami melakukan pendampingan pasien dengan membuatkan bpjs. Karena mereka ini benar-benar fakir, artinya mereka tidak punya penghasilan. Ada yang tidak mampu lagi menghidupi dirinya dan tak ada yang menanggung kebutuhan hidupnya. Misalnya wanita jompo yang hidup sebatang kara. Ada pula yang sakit kronis tapi tak punya biaya berobat,” jelas irfan petugas ziswaf

Nominal dana zakat yang didistribusikan bervariasi. Bergantung pada kategori ataupun juga kebutuhan mustahiq (penerima zakat). “Kalau untuk kebutuhan santunan, kisarannya antara Rp 500.000- Rp 1 juta. Jika untuk pendampingan pasien di rumah sakit dengan kondisi penyakit parah terkadang kita memberikan, di antara Rp 5 juta-Rp 10 juta tergantung tingkat kebutuhan obat ataupun tanggungan yang masih belum dipenuhi di rumah sakit. Semua ini kami upayakan supaya mustahiq perlahan-lahan mulai terlepas dari jeratan kemiskinan. Mudah-mudahan Allah swt. menuntaskan masalah mereka,” tandasnya.(foto: Irfan).

Zakat untuk pendidikan

Aktivitas serupa juga dilakukan dalam program pendidikan yang merealisasikan pencairan bantuan bagi ashnaf fakir,miskin dan fisabilillah dengan program beasiswa santri penghafal quran dan santunan yayasan yayasan . setiap bulannya 17 – 20 yayasan telah diberikan bantuan dengan donasi sebesar hampir  Rp.70.000.000,-( yayasan fakir miskin & santri fisabilillah) sejak bulan januari – maret. Beasiswa santri tahfidz / para penghafal AlQuran pun tidak terlupakan dibulan maret ini sebanyak 50 santri penghafal akan mendapatkan bantuan beasiswa pendidikan sebesar Rp.200.000/bulan dengan nilai total sebesar Rp. 10.000.000,-

 

Leave a Reply